oleh

Adv. SUPESONI MENDROFA, S.H ANGKAT BICARA SOAL PEMILUKADA DI KEPULAUAN NIAS

FONNA.ID, Medan – Setelah sempat mengalami penundaan, akhirnya  pemerintah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan DPR sepakat memutuskan Pilkada serentak diselenggarakan tanggal 9 Desember 2020. Momen tersebut merupakan pesta demokrasi yang banyak kalangan menantikannya.

Khususnya di Kepulauan Nias yang terdiri dari 4 Kabupaten dan juga 1 Kota Madya juga merasakan ajang pemilihan Kepala Daerah yang nantinya akan menentukan nasib masyarakat Se-Kepulauan Nias 3,5 Tahun kedepan.

“Pemilihan Umum adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dimana rakyat dapat memilih Kepala Daerah secara langsung. Pemilu merupakan implementasi perwujudan kedaulatan rakyat. Ditegaskan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas rahasia, jujur, dan adil.” Ujar Ketua Harian Gabungan Pemuda Nias Peduli (GPNP) Se-Indonesia Raya Adv. Supesoni Mendrofa, S.H saat ditemui oleh media di kantornya, Senin (7/12/2020).

Pria Lulusan Sarjana Hukum UNIKA Medan dan juga merupakan Komisaris Utama LAW FIRM S A & PARTNERS tersebut memberikan tanggapan saat ditanya oleh Awak Media seandainya ada Calon Kepala Daerah yang mengandalkan Politik Uang (Money Politic).

Money Politic merupakan tindakan yang salah. Hal tersebut jelas telah diatur dalam pasal 73 ayat 3 Undang-Undang No.3 tahun 1999. Jika Kepala Daerah hanya mengandalkan uang, sangat sulit melahirkan pemimpin yang benar-benar berpihak kepada masyarakat” lanjutnya.

“Para Kepala Daerah yang terpilih nantinya harus memperhatikan program jangka pendek, menengah, dan panjang. Salah satu contoh yang merupakan program jangka pendek yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang bernilai. Alasan tersebut sangat mendasar sehingga dapat memperbaiki kontribusi positif masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya,”ungkapnya.

“Dihimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kepulauan Nias untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu 9 Desember 2020. Dan siapapun nanti yang terpilih, seluruh Simpatisan dan Tim Sukses tetap bersatu membagun Pulau Nias tercinta. Harapan juga kita titipkan kepada Kepala Daerah terpilih nantinya agar menjalankan tugas dan amanah yang diberikan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya.”pungkasnya.

Penulis : Klaudius

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed