oleh

Laksa Tangerang yang Populer di “Lidah” Dunia

FONNA.ID, Tangerang – Bagi masyarakat Kota Tangerang, Laksa memang sudah tidak asing lagi. Pasalnya jenis kuliner yang satu ini sudah menjadi khas dan banyak ditemui di kota berjuluk ‘Kota 1000 Industri’.

Laksa memang sejatinya adalah menu khas peranakan dan sangat terkenal di area Taiwan, Malaysia, Singapura, hingga Indonesia. Tidak heran jika varian dari Laksa di tempat-tempat tersebut sangat berbeda.

Berbeda dengan Laksa Bogor atau Betawi, Laksa Tangerang tidak menggunakan oncom. Dan biasanya dihidangkan bersamaan dengan ayam atau telur.

“Salah satu keunikan dari Laksa Tangerang dibandingkan Laksa di tempat lainnnya adalah kuah kuningnya yang kental sehingga aroma rempahnya sangat terasa saat dihirup. Dan juga dalam membuatnya menggunakan Kacang Hijau sehingga ada rasa manis sedikit saat memakannya,” jelas Executive Chef Novotel Tangerang, Salehin.

Menurut Salehin, makanan adalah salah satu cara untuk memperkenalkan identitas kepada orang lain. “Kami di hotel pernah membuat Laksa Tangerang sebagai salah satu menu yang dapat disantap saat sarapan. Dan ternyata mendapatkan respon positif dari para tamu. Tidak hanya tamu yang datang dari Kota Tangerang dan kota lainnya, tapi juga tamu-tamu yang datang dari mancanegara.”

Saat ini Indonesia memang sudah dikenal oleh dunia melalui rempah-rempahnya dan juga varian menu makanan yang melegenda. Pada tahun 2017 ada rendang yang didaulat sebagai makanan terenak di dunia.

“Bagi kami para chef, tentu menjadi kebanggaan tersendiri apabila ada satu hidangan khas Indonesia yang dikenal oleh orang-orang di dunia. Karena hal itu dapat membantu menggairahkan sektor kuliner dan pariwisata di Indonesia juga,” tutup Salehin.

Penulis : Periyaman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed