oleh

Bupati Nias Hadiri Rakor Pemerintahan Desa TA 2021 di Kecamatan Idanogawo

-KAB. NIAS, NEWS-139 views

FONNA.ID, Nias – Pemerintah Kabupaten Nias melaksanakan Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa TA 2021 di 3 Kecamatan (Kecamatan Idanogawo, Kecamatan Ulugawo dan Kecamatan Bawolato ) yang langsung dipimpin Bupati Nias Ya’atulo Gulo, bertempat di Aula Kantor Camat Idanogawo (Kamis 22/7/2021)

Pada Rakor tersebut hadir Anggota DPRD Kabupaten Nias Rahmat Ndruru Fraksi PDI Perjuangan daerah pemilihan II, Sekda Kabupaten Nias, Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda Kabupaten Nias, Inspektur Daerah Kabupaten Nias Andhika Laoly, Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Fanolo Laoli. Serta camat di tiga kecamatan.

Bupati Nias dalam arahannya, Pemerintahan Desa harus dapat menyatukan persepsi, meningkatkan sinergitas serta mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Desa di Kabupaten Nias tahun 2021 yang sedang berjalan.

Lanjut Bupati Nias, besarnya kewenangan pemerintahan Desa dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan Desa dan pengelolaan keuangannya, memberikan peluang untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya otonomi Desa.

Terbitnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, memberikan kewenangan bagi Desa untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati.

“Namun disisi lain, bukan hal yang mustahil menjadi ancaman bagi perkembangan Desa di masa yang akan datang”

Bupati Nias Berharap bagi Kepala Desa agar meningkatkan profesionalisme dengan menguasai ketentuan dan regulasi yang berlaku, jadilah panutan bagi warga masyarakat, tingkatkan transparansi dalam penggunaan anggaran kepada masyarakat. Harapnya.

Bagi desa yang belum menyelesaikan laporan pertanggungjawaban realisasi APBDes TA 2020 dan penetapan APBDes Tahun 2021 segera diselesaikan dan difasilitasi pihak kecamatan dan OPD terkait.

Dalam hal menyelenggarakan pemerintahan desa harus disesuaikan dengan RPJMDES dan RPJM Kabupaten Nias, bilamana terdapat perangkat desa yang kosong agar segera dilakukan penjaringan dan penyaringan saat ini juga sedang berjalan tahapan pengisian anggota BPD masa keanggotaan 2021-2027

“Juga pada kesempatan ini, saya mengingatkan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar mengoptimalkan fungsi pengawasan kinerja Kepala Desa untuk memastikan setiap program-program yang telah ditetapkan.”Bupati Nias mengakhiri.

Ditempat yang sama Sambutan dari anggota DPRD kabupaten Nias dari Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Nias, ( Rahmat Ndruru ) bila ada kedepan bimtek dari setiap desa jangan dilakukan di luar daerah kepulauan Nias alangkah baiknya melaksanakannya di kabupaten Nias supaya anggaran di gunakan untuk kebutuhan Daerah dan Desa, tutupnya.

Red/Kurniaman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed