oleh

Faduhusi daely, S.Pd.,MA.,MM Bersama Bupati Terpilih Hadiri Rapat Koordinasi Fasilitasi Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa Ta 2021.

Fonna.id, Nias Barat – Rapat Koordinasi Fasilitasi Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2021 Kabupatèn Nias Barat dihadiri oleh Bupati Nias Barat Bapak FADUHUSI DAELY, S.Pd.,MA.,MM bersama Wakil Bupati sekaligus Bupati Terpilih Bapak KHENOKI WARUWU yang turut dihadiri Sekda Nias Barat Bapak Prof. Dr. FAKHILI GULÖ, Staf Ahli, Asisten, Kadis PMD Bapak SOZISÖKHI HIA, SH.,MM dan segenap Pimpinan OPD, Kabag, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Nias Barat; Rabu, 17 Pebruari 2021.

Dalam laporan Kadis PMD Kab.Nias Barat Sozisökhi Hia, SH.,MM menjelaskan tujuan dari pelaksanaan rapat koordinasi hari ini sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam mendukung berhasilnya pembangunan di desa dan juga sebagai sarana evaluasi dalam pengelolaan dana desa serta diharapkan pemerintah desa mampu memprioritaskan penggunaan anggaran desa terhadap program kemajuan dan pembanguan desa, papar Sozisökhi Hia.

 

Sambutan Wakil Bupati Nias Barat sekaligus Bupati Terpilih Bapak Khenoki Waruwu beliau mengawali salam dan salam khusus kepada Kades dimana Wakil Bupati menyapa para Kades dengan sebutan “Bapak/Ibu Kepala Desa” sebagai pertanda keseriusan beliau dalam membangun desa serta rasa hormati beliau kepada para kepala desa sebagai ujung tombak pembangunan desa.

 

Lebih lanjut Wakil Bupati sampaikan bahwa pemerintah desa diharapkan segera menyusun data dan profil desa bahkan beliau meminta sekaligus mengharapkan agar profil desa, dimasukkan dalam program 100/hari kerja Bupati/Wakil Bupati Terpilih karena profil desa adalah pedoman utama dalam membagun desa. Kalaulah selama ini ada item-item program yang kurang bermanfaat, mari kita perhatian kedepan akan hal ini, agar program pembangunan di desa benar-benar efektif dan efesien serta azas manfaatnya benar-benar nyata. Pemerintah desa juga menjadi sarana solusi pemecahan setiap permasalahan di desa dan bukan sebaliknya dimana Pemerintah desa menjadi ajang pemicu berbagai masalah/kasus di desa, tegas Politisi Partai HANURA Kab.Nias Barat itu.

 

Arahan tugas Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd.,MA.,MM yang menjelaskan bahwa program Rapat Koordinasi Fasilitasi Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa merupakan upaya strategis kita dalam melakukan evaluasi pembangunan desa. Beberapa tahun lagi Pemilihan Kepala Desa (PIKADES) kita gelar lagi, maka kepada kepala desa mulai hari ini pulihkan Investasi sosial anda sebagai modal utama dalam berkontestasi politik nanti. Lahirkan inovasi dan terobosan baru di desa, ciptakan suasana sejuk dengan mengajak masyarakat bergotong-royong artinya jangan kaku berikan selalu hal terbaik di lingkungan anda, tutur Bupati.

 

Selanjutnya Bupati menyampaikan harapannya kepada para Camat agar mendorong terus para kepala desa untuk melakukan sentuhan-sentuhan dan berbagai kegiatan PADAT KARYA yang adalah objek dari memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bekerja. Saat ini banyak perubahan-perubahan dalam tatanan hidup ekonomi masyarakat, beberapa mata pencaharian masyarakat beralih kepada sektor-sektor lain pasca musibah ternak babi melanda Nias dan itu tidak salah sepanjang prosesnya yang halal dan menjanjikan. Lakukan pekerjaan di desa yang mampu membuat suasana jadi nyaman dan sejuk, papar Bupati.

 

Lebih lanjut Bupati sampaikan bahwa Inspektorat bukan penyidik. Inspektorat tidak bisa menghakimi setiap kasus/masalah. Mari kita minimalisir resiko yang memunculkan perpecahan; kerjasama yang baik antara para pihak sangat diharapkan demi kemajuan bersama. Melalui rapat koordinasi ini, kita harapkan kinerja Pemerintah Desa semakin di tingkatkan, harap Bupati.

 

Akhirnya Bupati membuka secara resmi Rapat Koordinasi Fasilitasi Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2021 Kabupatèn Nias Barat, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber narasumber. (**)

 

Fonna.id 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed