oleh

Pemdes Hiliadulo Bangun Jalan Tangga & Pengerasan Jalan Melalui ADD 2020.

Fonna.id, Nias -Demi mewujudkan kesejahteraan rakyat dan kemajuan infrastruktur Desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Hiliaduho (Kecamatan Idanogawo), Kabupaten Nias, Telah melaksanakan pembangunan jalan tangga sebagai langkah dalam pembangunan infrastruktur wisata dan pembangunan pengerasan jalan sebagai langkah dalam membenahi infrastruktur jalur transportasi Desa.

“Iya benar bahwa kami telah melakukan sejumlah pembangunan melalui Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun 2020”, Ucap Kepala Desa Hiliaduho (Deshasrati Gulo) Kepada wartawan di kediamannya. Rabu (13/1/2021)

Dia Memberitahu bahwa dari pembangunan kedua infrastruktur tersebut adapun total anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 420 Juta lebih.

Bersama Sekretaris Desa (Febeanus Zai) dan Kaur Kesra (Elifati Mendrofa). Deshasrati menambahkan bahwa untuk pembangunan jalan tangga, pihaknya memiliki tujuan untuk memudahkan masyarakat sekitar dan wisatawan domestik menikmati objek wisata yang ada di Desa Hiliadulo (Kecamatan Idanogawo) berupa Lokasi bebatuan megalith kuno.

“Lokasinya berada di dataran tinggi. Ada sekitar 42 jumlah tangga ditambah 1 duiker yang kita bangun dilokasi tersebut”, Terangnya

Sedangkan untuk pengerasan jalan kita bangun sepanjang 15 meter dengan 2 duiker serta drainase sebelah sepanjang 103 meter.

Menurutnya, Bahwa pekerjaan pengerasan jalan disertai bangunan pendukungnya itu diharapkan dapat memudahkan akses tranportasi masyarakat untuk membawa hasil tani ke pusat Kecamatan dan mencegah adanya banjir diwilayah tersebut.

“Masyarakat disini mayoritas petani dan pedagang. Selama ini warga kami terkadang kesulitan bahkan terkadang membutuhkan waktu yang lama untuk melintasi atau membawa hasil komoditinya dan barang dagangannya, dikarenakan jalan yang rusak dan banjir genangan air diwilayah Dusun tersebut. Maka dari itu, Pemdes Hiliadulo berinisiatif untuk membangun jalan tersebut secara bertahap”, Tuturnya

Deshasrati Gulo, Kaum perempuan yang sukses menjadi pemimpin di Desa-nya ini menyatakan bahwa kesungguhan untuk terus membangun Desa merupakan tujuan utamanya demi kesejahteraan warga Desa Hiliadulo.

“Seluruh Aparatur Desa dan BPM di Desa Hiliadulo memiliki komitmen sama. Kami juga ucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintahan Kabupaten Nias dan Kementerian Desa yang mempercayakan kami untuk mengelola pembangunan Desa”, Tuturnya

(R/Koer Zend).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed