oleh

Memasuki Musim Hujan, Pemkot Tangerang Modifikasi Pompa Air Jumbo Untuk Mengantisipasi

Fonna.id, Tangerang – Antisipasi banjir di musim hujan, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, meninjau langsung uji coba operasional mesin pompa air yang dipersiapkan. Mesin pompa berkapasitas 600 liter/detik tersebut merupakan hasil modifikasi yang dilakukan oleh jajaran Dinas PUPR Kota Tangerang untuk wilayah rawan banjir di Kota Tangerang.

“Mesin berbahan bakar diesel dan dimodif sehingga kapasitasnya jadi lebih besar. Sekarang jadi bisa dipasang dua pipa berukuran jumbo untuk saluran pembuangan airnya,” terang Arief, Senin (12/10/2020).

Menurutnya, pompa berukuran jumbo tersebut, masing-masing pipanya mampu menyedot air berkapasitas 300 liter per detik. Karena tiap pompa dilengkapi dua pipa, jadi totalnya mampu menyedot 600 liter per detik.

Arief juga menjelaskan bahwa mesin pompa bisa dipindahkan sehingga bisa dimanfaatkan apabila titik banjir berpindah.

Arief mengungkapkan, saat ini mesin pompa masih dalam tahap penyempurnaan, agar nantinya dapat dimanfaatkan dengan maksimal jika nantinya terjadi banjir. Lebih lanjut Arief menerangkan, saat ini Pemerintah Kota Tangerang telah melakukan sejumlah langkah strategis sebagai upaya pencegahan memasuki musim penghujan khususnya di wilayah Kota Tangerang, yaitu adanya rumah pompa dibeberapa titik rawan banjir.

“Rumah pompa dan pompa portable sudah kita siagakan, selain normalisasi sungai dan situ,” katanya.

Seperti diketahui, wilayah Kota Tangerang dilewati oleh dua aliran sungai dan anak sungai. Yakni Sungai Cisadane dan Sungai Ciliwung, makanya, bila kedua sungai tersebut meluap, maka akan ada ratusan titik banjir yang akan menghantui Kota Tangerang.

(Apri Damayanti)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed