oleh

Ps. Philip S Buulolo Gembala GPKdI CWCC : Berhasil Dan Beruntung

-Tangerang-110 views

Fonna.id, Tangerang – Ps. Philip S Buulolo selaku Gembala GPKdI CWCC (Charismatic Worship Centre Community ) mengatakan Hari ini adalah hari ketiga kita memasuki tahun yang baru 2021.

Kita patut bersyukur kepada TUHAN karena telah dan bisa memasuki tahun yang baru ini mengingat ada diantara kita; kerabat, teman, partner bisnis dan kerja, dan rekan sepelayanan yang tidak bisa masuk, dan selain daripada itu mungkin kita memasuki tahun yang baru ini dengan masih membawa segudang masalah, cita-cita, harapan dan tujuan yang belum tercapai atau belum sesuai harapan dan keinginan kita.

Belum lagi situasi ekonomi baik yang tidak ada kepastian. Banyak prediksi yang mengatakan bahwa tahun ini dan tahun-tahun mendatang dunia tidak semakin baik, ancaman bencana alam, pandemi covid 19 lebih panjang, krisis ekonomi dan ancaman dalam berbagai hal yang menekan kehidupan kita.

Pendek kata masih segudang masalah yang masih terbawa dan bahkan bukan akan terselesaikan, tetapi justru semakin ruwet dan keruh dan ditambah lagi masalah-masalah baru yang telah ada di ambang pintu kehidupan kita.

Di tengah realitas ini, bagaiman kita seharusnya dan selayaknya bersikap. Apakah kita akan tetap larut dan berputar-putar pada masalah yang yang sama yang tidak terselesaikan dan bahkan tidak akan pernah selesai yang kemungkinan tambah parah jika dipikirkan dan dilanjutkan terus pada tahun ini.

Sebaiknya kita mencari alternatif baru, inovasi baru, dan jikalau harus meninggalkan tanpa sisa semua problem tersebut diatas, sebaiknya kita fokus pada hal-hal yang mendatang sambil mengingat akan kebaikanTuhan selama ini dan kita tetap mempercayai bahwa Allah tetap menyertai kita.

Mari kita belajar apa yang menjadi kunci keberhasilan Yosua dan Daud..

*Yosua 1:9 ” Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.”

Marilah kita pegang janji Tuhan sama seperti janji-Nya kepada Yosua.

Demikian pula kita harus seperti Daud yang hidupnya selalu melekat kepada Tuhan dan hidupnya terus mencari perkenanan Tuhan.

1. Ulangan 20:4 ” sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai kamu untuk berperang bagimu melawan musuhmu, dengan maksud memberikan kemenangan kepadamu*”

Imani bahwa Tuhan akan tetap menyertai kita dalam keadaan apapun dan Tuhan akan memberikan kemenangan menghadapi medan pertempuran sesulit apapun, karena Tuhan adalah Allah yang tidak berdusta dan tidak pernah lalai menepati janji-Nya.

Seperti janji Tuhan akan menyertai Yosua seperti Dia menyertai Musa, dan demikian pula sama kepada Daud. Sekalipun ada yang menganggap bahwa Allah lalai akan penggenapan janji-Nya, namun sebenarnya Allah itu sabar dan menginginkan semua orang bertobat agar berkenan di hadapan- Nya itu sebabnya Tuhan memberikan kesempatan..

2. *Amsal 24:1 ” Jangan iri kepada orang jahat, jangan ingin bergaul dengan mereka*”

Tuhan ingin agar kita kuat dan teguh hati. Dia ingin agar kita tidak menjadi umat pecundang, penakut, mudah menyerah atau tidak memiliki daya juang yang tinggi. Untuk meraih kesuksesan atau apa yang menjadi tujuan memang memerlukan perjuangan dan daya juang yang tinggi dan yang tidak mudah menyerah atau mundur. Bagi Tuhan bahwa sekali berjalan maju tidak ada kata mundur. Target harus dicapai dan tidak boleh ada yang tidak tercapai atau gagal sedikitpun. Inilah yang Tuhan kehendaki dari kita, yakni kemenangan iman.

3. *Yosua 1:7 ” Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi*”

Tetap fokus kepada Tuhan dan firman-NYA. Jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri. Berjalanlah lurus! Syaratnya adalah merenungkan firman Tuhan siang dan malam, supaya kita dapat bertindak hati-hati dan perjalanan hidup kita akan berhasil dan beruntung.

Ada banyak orang yang pandai, ahli, berani namun yang diraihnya adalah kegagalan dan bahkan kehancuran karena ketidakhati-hatian atau ceroboh, dan tergesa-gesa.

Ada banyak orang yang sudah bertindak hati-hati, sudah dilaksanakan sesuai rencana dan strategi yang bail dan akhirnya berhasil, namun pada hasil akhirnya hancur yang dikarenakan ketidakberuntungan karena belum genap waktunya Tuhan.

Agar kita bisa mencapai semuanya itu, ada syarat yang harus kita lakukan dan merupakan syarat utama dan terutama dan satu-satunya adalah merenungkan firman Tuhan siang dan malam.

Tinggal di dalam Kristus dan firman-Nya, setia kepada Kristus dan firman-Nya tinggal di dalam kita, artinya hidup melekat atau adanya persekutuan yang erat dengan Yesus.

4. *1 Tawarikh 16:34 ” Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya*”

Bersyukurlah dan ingatlah selalu akan penyertaan Tuhan dan kebaikannya. Jikalau memang kita merasakan dan meyakini bahwa selama ini Tuhan begitu baik dan penyertaan-Nya sempurna dalam setiap aspek kehidupan kita dan dimana pun kita berada, maka seharusnya dan sepatutnyalah kita menyakini dan selalu bersyukur bahwa Dia akan menyertai dan memelihara, serta kebaikan-Nya selalu dilimpahkan-Nya kepada kita pada perjalanan tahun 2021 yang baru tiga hari kita masuki dan jalani ini dan pada hari-hari mendatang dan bahkan sampai selama-lamanya.

Tuhan Yesus adalah Immanuel , Allah yang beserta kita. Dan janji-Nya bahwa Dia akan menyertai kita sampai kesudahan zaman

*Matius 28:20 b “Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (**).

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed